Senin, 14 Januari 2013

Manfaat Sunat Sekaligus Dampaknya Buat Perempuan


Koran Merah . Sek Edukasi
Seperti dikutip dari buku “Khitan Perempuan” menjelaskan manfaat khitan bagi perempun dilihat dari berbagai sudut pandang, terutama sudut agama, sosial, budaya, dan kesehatan. Banyak mitos yang beredar ditengah-tengah masyarakat tentang khitan perempuan yang belum bisa dipastikan kebenaranya, masih sebatas dugaan.

Dari kutipan buku tersebut anda harus mengetahui setidaknya 6 hal penting tentang khitan perempuan: Pertama, khitan perempuan dianggap sebagai cara untuk menyembuhkan penyakit psikologis seperti depresi. Kedua, pemotongan bagian klitoris akan dapat menyembuhkan perempuan dari berbagai penyakit seperti histeria dan masturbasi berlebihan.

Ketiga, perempuan yang dikhitan seringkali dianggap mempunyai status yang lebih tinggi dimasyarakat dibanding perempuan yang tidak dikhitan. Sehingga berdampak pada status sosial, hingga tidak jarang dipercaya memangku jabatan atau kedudukan dalam politik, agama, maupun budaya.

Keempat, pemotongan klitoris juga seringkali dikaitkan dengan salahsatu cara dalam mencegah perilaku seks bebas pada kaum wanita, karena menghilangkan bagian pembangkit gairah seksual. Kelima, salahsatu suku etnik tertentu mempercayai bahwa khitan dapat mempercantik tubuh wanita dari dalam.
Keenam, ada mitos yang berkembang dimasyarkat bagi wanita yang tidak melakukan khitan tidak akan bisa hamil. Sementara itu, dari sudut pandang kesehatan, menurut buku diatas khitan tidak membawa dampak kebaikan sama sekali, bahkan akan membawa dampak yang buruk.

Hal itu juga dibenarkan oleh guru besar fakultas kedokteran Universitas Yarsi, Jurnalis Udin. “Berdasarkan penelitian secara luas, khitan perempuan tidak memiliki manfaat, tapi malah mengancam kesehatan. Bahkan, mengancam jiwa mereka,” terang Udin.

Oleh karena itu, anda pun setidaknya perlu mengetahui tujuh manfaat sunat bagi perempuan dari sudut pandang kesehatan: Pertama, rasa sakit berkepanjangan pada saat berhubungan seks. Kedua, ada banyak penis yang tidak bisa masuk dalam vagina sehingga memerlukan tindakan operasi. Ketiga, disfungsi seksual (tidak dapat mencapai orgasme pada saat berhubungan seks). 

Keempat, disfungsi haid yang mengakibatkan hematocolpos (akumulasi darah haid dalam vagina), hematometra (akumulasi darah haid dalam rahim), dan hematosalpink (akumulasi haid dalam saluran tuba). Kelima, infeksi saluran kemih kronis. Keenam, inkontinensi urine (tidak dapat menahan kencing). Ketujuh, bisa terjadi abses, kista, dermoid, dan keloid (Jaringan perut mengeras). (AM/ARI)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India